Senin, 08 November 2010

KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTRAAN

KONSEPSI ILMU BUDAYA DALAM KESUSASTRAAN

PENGERTIAN SASTRA DAN SENI
Seni termasuk sastra memegang peranan yang penting, karena seni merupakan ekspresi nilai-nilai kemanusiaan, bukannya formasi nilai-nilai kemanusiaan seperti yang terdapat dalam filsafat seperti misalnya ilmu bahasa memegang peran penting karena nilai-nilai kemanusiaan yang disampaikan normatif karena seni adalah ekspresi yang sifatnya tidak normatif, seni lebih mudah berkomunikasi, nilai-nilai yang disampaikannya lebih fleksibel baik isinya maupun cara penyampainnya. sastra juga lebih mudah berkomunikasi karena pada hakekatnya karya sastra adalah penjabaran abstraksi. Sastra didukung oleh cerita dengan cerita orang lebih tertarik dan dengan cerita orang lebih mudah mengemukakan gagasan-gagasannya dalam bentuk yang tidak normatif

HUBUNGAN SASTRA DAN SENI DENGAN IBD
Hubungan sastra, seni dengan ilmu budaya dasar untuk mengetahui pengetahuan budaya ( the humanities ) sastra disni digunakan sebagai alat untuk membahas masalah-masalah kemanusiaan yang dapat membantu untuk menjadi lebih humanus demikian, musik, seni rupa, dan sebagainnya

ILMU BUDAYA DASAR YANG DIHUBUNGKAN DENGAN PROSA
PENGERTIAN PROSA
Istilah prosa banyak padanannya kadang-kadang disebut naratif fiction, prose fictic, atau hanya fiction saja dalam bahasa Indonesia istilah tadi sering diterjemahkan menjadi cerita rekaan dan didefinisikan sebagai bentuk cerita atau prosa kisahan yang mempunyai pemeran, lakuan, peristiwa dan alur yang dihasilkan oleh daya khayal yang dipakai pada roman, novel dan cerita pendek

JENIS-JENIS PROSA : Prosa lama dan prosa baru

5 KOMPONEN DALAM PROSA
• prosa lama meliputi
1. dongeng-dongeng
2. hikayat
3. sejarah
4. epos
5. cerita pelipur lara

• prosa baru meliputi
1. cerita pendek
2. roman/ novel
3. biografi
4. kisah
5. otobiografi

NILAI-NILAI DALAM PROSA FIKSI
Dalam seni yang bertulang cerita, mau tidak mau karya sastra (prosa fiksi) langsung atau tidak langsung membawakan pesan moral dengan kata lain prosa mempunyai nilai-nilai yang diperoleh pembaca lewat sastra
1. prosa fiksi memberikan kesenangan
keistimewaan kesenangan yang diperoleh dari membaca fiksi adalah pembaca mendapatkan pengalaman sebagaimana mengalaminya sendiri peristiwa itu atau kejadian yang dikisahkan
2. prosa fiksi memberikan informasi
fiksi memberikan sejenis informasi yang tidak terdapat didalam ensiklopedi dalam novel sering kita dapat belajar sesuatu yang lebih daripada sejarah atau laporan jurnalis tentang kehidupan masa kini, masa lalu, atau kehidupan yang akan dating
3. prosa fiksi memberikan warisan cultural
prosa fiksi dapat menstimuli imaginasi, dan dapat merupakan sarana bagi pemindahan yang tak henti-hentinya dari warisan budaya bangsa
4. prosa memberikan keseimbangan wawasan
adanya semacam kaidah kemungkinan yang tidak mungkin dalam fiksi inilah yang memungkinkan pembaca untuk dapat memperluas dan memperdalam persepsi dan wawasannya tentang tokoh, hidup dan kehidupan manusia dari banyak memperoleh pengalaman sastra pembaca akan terbentuk keseimbangan wawasannya terutama dalam menghadapi kenyataan diluar dirinya yang mungkin sangat berlainan dari pribadinya



ILMU BUDAYA DASAR YANG DIHUBUNGKAN DENGAN PUISI
Puisi termasuk sastra, maka puisi adalah ekspresi pengalaman jiwa penyair mengenai kehidupan manusia, alam, dan tuhan melalui media bahasa yang artistik atau estetik yang secara padu dan utuh dipadatkan kata-katanya
KREATIVITAS PENYAI DALAM MEMBANGUN PUISINYA
1. figura bahasa ( figurative language ) seperti gaya personifikasi, metafora, perbandingan, alegori, dan sebagainya sehingga puisi menjadi segar, hidup, menarik dan member kejelasan gambaran angan
2. kata-kata yang ambiquitas yaitu kata-kata yang bermakna ganda, banyak tafsir
3. kata-kata berjiwa yaitu kata-kata yang sudah diberi suasana tertentu berisi perasaan dan pengalaman jiwa penyair sehingga terasa hidup dan memukau
4. kata-kata konotatif yaitu kata-kata yang sudah diberi tambahan nilai-nilai rasa dan asosiasi-asosiasi tertentu
5. pengulangan yaitu berfungsi untuk mengintensifkan hal-hal yang dilukiskan sehingga lebih menggugah hati
ALASAN-ALASAN MENDASARI PENYAJIAN PUISI DALAM IBD
1. hubungan puisi dengan pengalaman hidup manusia
perekaman dan penyampaian pengalaman dalam sastra puisi disebut pengalaman perwakilan ini berarti bahwa manusia senantiasa ingin memiliki salah satu kebutuhan dasarnya untuk lebih menghidupkan pengalaman hidupnya dari sekedar kumpulan perngalaman langsung yang terbatas. Dengan pengalaman perwakilan itu sastra atau puisi dapat memberikan kesadaran yang penting untuk melihat dan mengerti banyak tentang dirinya sendiri dan tentang masyarakat
2. puisi dengan kesadaran individual
dengan membaca puisi dapat diajak untuk dapat menjenguk hati manusia baik orang lain maupun diri sendiri
3. puisi dan keinsyafan social
puisi juga memberikan kepada manusia tentang pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial



CONTOH PUISI KARYA MAWAR AFI
Kagumku
Mungkin hanya securik kertas ini
Ku sampaikan rasa kagumku
Walau jauh jarak antar kita
Aku tak jera-jera

Risau ini masih menemani
Saat namamu tumbuh dihati
Wajah yang seindah bunga mawar
Dengan senyum dan ketulusan hatimu
Membuatku terlena gumetar

Ku yakin kagumku tersampaikan
Walau hanya dalam khayalan

Judul buku : ilmu budaya dasar
Karya : widyo nugroho dan achmad muchji
Penerbit : UNIVERSITAS GUNADARMA

Sabtu, 06 November 2010

MANUSIA DAN PENDERITAAN

MANUSIA DAN PENDERITAAN

PENGERTIAN PENDERITAAN
Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra yang artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung, atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan dapat ditimbulkan dari penderitaan lahir maupun penderitaan batin.

CONTOH PENDERITAAN
Berbagai kasus penderitaan terdapat didalam kehidupan, banyaknya bermasam-macam kasus penderitaan sesuai dengan liku-liku kehidupan manusia. Seperti penderitaan fisik yang dialami manusia tentulah diatasi oleh medis untuk mengurangi ataupun menyembuhkannya, sedangkan penderitaan psikis penyembuhannya tergantung pada si penderita dalm menyelesaikan soal-soal psikis yang dihadapinya

SIKSAAN
Siksaan dapat diartikan sebagai siksaan badan, atau jasmani. Dan dapat juga berupa siksaan jiwa maupun rohani. Akibat siksaan yang dialami oleh manusia timbullah penderitaan. didalam kitab suci Al-Qur’an diterangkan jenis dan ancaman siksaan yang dialami manusia diakhirat nanti. Yaitu siksaan bagi orang-orang musyrik, syirik, dengki, memfitnah, mencuri, makan harta anak yatim, dan sebagainya yang diterangkan dalam ayat 40 surat Al Ankabut allah sangat murka terhadap orang-orang yang memiliki cirri-ciri seperti diatas dan allah pasti akan memberikan siksaan-siksaan yang sesuai dengan perbuatannya. Dengan demikian allah tidak akan menganiaya mereka namun mereka sendirilah yang menganiaya dirinya sendiri karena dosa-dosanya. Siksaan-siksaan yang dialami manusia dalam kehidupannya telah banyak ditemui dalam sehari-hari

PHOBIA
Ketakutan merupakan bentuk lain yang dapat menyebabkan seseorang mengalami siksaan batin, bila rasa takut itu dibesa-besarkan yang tidak pada tempatnya maka dapat disebut sebagai phobia. Pada umumnya orang mempunyai satu atau lebih phobia ringan seperti pada tikus, ular, serangga, dan lain-lain tetapi pada sementara orang ketakutan itu sedemikian hebatnya sehingga sangat menggangu seperti pada kesepian, ketakuatan dapat juga timbul atau dialami seseorang walaupun lingkungannya ramai sebab ketakutan merupakan hal yang sifatnya psikis

MENYEBUTKAN TIGA SIFAT PSIKIS
• Kebimbangan
• Kesepian
• Ketakutan

SEBAB ORANG KETAKUTAN
• Claustrophobia dan agoraphobia adalah rasa takut terhadap ruangan tertutup, agoraphobia adalah ketakutan yang disebabkan seseorang berada ditempat terbuka
• Gamang merupakan ketakutan bila seseorang ditempat yang tinggi hal itu disebabkan karena ia takut akibat berada ditempat yang tinggi misalnya seseorang harus melewati jembatan yang sempit sedangkan dibawahnya air yang mengalir atau seseorang takut meniti dinding tembok dibawahnya
• Kegelapan mwrupakan suatu ketakutan seseorang bila ia berada ditempat yang gelap sebab dalam pikirannya dalam kegelapan demikian akan muncul sesuatu yang ditakuti misalnya setan dan pencuri oleh karenanya ruangan tidur harus d nyalakan lampunya
• Kesakitan merupakan ketakutan yang disebabkan oleh rasa sakit yang akan dialami seseorang yang takut diinjeksi sudah berteriak-teriak sebelum jarum ditusukkan ke dalam tubunnya karena itu dipikirannya menimbulkan kesakitan
• Kegagalan merupakan ketakutan dari seseorang disebabkan karena merasa bahwa apa yang akan dijalankn mengalami kegagalan. Seseorang yang patah hati tidak mudah untuk bercinta kembali karena takut dalam percintaan berikutnya juga akan terjadi kegagalan, trauma yang telah dialaminya telah menjadikan dirinya ketakutan kalau sampai terulang lagi

KEKALUTAN MENTAL
Penderitaan batin dalam ilmu psikologi dikenal sebagai kekalutan mental, secara lebih sederhana kekalutan mental dapat dirumuskan sebagai gangguan kejiwaan akibat ketidakmampuan seseorang menghadapi persoalan yang harus diatasi sehingga yang bersangkutan bertingkah laku secara kurang ajar

GEJALA-GEJALA KEKALUTAN MENTAL
• Nampak pada jasmani yang sering merasakan pusing, sesak napas, demam, dan nyeri pada lambung
• Nampak pada kejiwaannya dengan rasa cemas, ketakutan, dan patah hati, apatis, cemburu dan musah marah

TAHAP-TAHAP GANGGUAN KEJIWAAN
• Ganguan kejiwaan nampak dalam gejala-gejala kehidupan si penderita baik jasmani maupun rohani
• Usaha mempertahankan diri dengan cara negatif yaitu mundur atau lari, sehingga cara bertahan pada dirinya salah pada orang yang tidak menderita kejiwaan bila menghadapi persoalan maka ia akan cepat-cepat menyelesaikan permasalahannya, sehingga tidak menekan perasaannya jadi bukan malah melarikan diri dari persoalan tetapi melawan atau mencari solusi yang baik dalam memecahkan persoalannya
• Kekalutan merupakan titik patah (mental breakdown) dan yang bersangkutan mengalami gangguan

SEBAB-SEBAB TIMBULNYA KEKALUTAN MENTAL
• Kepribadian yang lemah, akibat kondisi jasmani atau mental yang kurang sempurna hal-hal ini sering menyebabkan orang yang bersangkutan merasa rendah diri yng secara berarut-larut akan menekan dirinya dan jiwanya
• Terjadi konflik sosial budaya, akibat norma berbeda antara yang bersangkutan dan apa yang ada dalam masyarakat sehingga ia tidak dapat menyesuaikan diri lagi misalnya orang pedesaan yang berat menyesuaikan diri dengan kehidupan kota, orang tua yang telah mapan sulit untuk menerima keadaan yang baru jauh berbeda dengan masa jayanya dulu
• Cara pematangan batin, yang salah dengan memberikan reaksi yang berlebihan terhadap kehidupan sosial : over acting sebagai overcompensatie
PROSES-PROSES KEKALUTAN MENTAL
• Positif : trauma yang dialami dijawab secara baik sebagai usaha agar tetap survive dalam hidup, misalnya melakukan sholat tahajut pada waktu malam hari untuk mencari ketenangan batin, rasa aman dan mencari jalan keluar untuk mengatasi kesulitan yang dihadapinya
• Negatif : trauma yang dialmi secara berlarut-larut sehingga yang bersangkutan mengalami frustasi yaitu tekanan batin akibat tidak tercapainya apa yang ia inginkan. Bentuk frustasi ada banyak dan bermacam-macam seperti agresi, regresi, fiksasi, proyeksi, identifikasi, narsisme, dan autisme
PENDERITAAN DAN PERJUANGAN
Setiap manusia pasti pernah mengalami penderitaan, baik berat maupun ringan Karena hidup memang butuh perjuangan. Di mana ada penderitaan di situ pasti ada perjuangan atau solusi dalam menghadapinya. Penderitaan adalah bagian dari kehidupan manusia yang bersifat kodrati karena itu terserah manusia sendiri yang menghadapi dan ia harus berusaha untuk mengurangi penderitaan itu semaksimal mungkin dan menghindari atau bahkan menghilangkannya sama sekali agar tidak menjadi beban dalm hidupnya . perjuangan adalah sesuatu yang ingin diraih untuk memperoleh sesuatu yang diinginkannya . manusia adalah makhluk berbudaya dengan budanyanya itu ia dapat berusaha untuk mengatasi segala penderitaan yang mengancam atau yang dialaminya. Hal ini dapat membuat manusia itu lebih kreatif baik bagi si penderita maupun orang lain yang mengamati penderitaan karena itu manusia hidup tidak boleh pesimis yang menganggap hidup adalah rangkaian dari penderitaan, seseorang yang berpikiran seperti itu sudah salah. justru sebaliknya dengan adanya penderitaan akan memicu seberapa besarnya rasa perjuangan yang ada didalam diri manusia. Manusia yang optimis akan selalu berusaha karena allah tidak akan merubah nasib seseorang kecuali orang tersebut yang merubahnya. Pembebasan dari penderitaan pada umumnya meneruskan kelangsungan hidup caranya ialah berjuang menghadapi tantangan hidup dalam alam lingkungan, masyarakat sekitar dengan waspada dan disertai doa kepada allah . apabila kita membaca riwayat hidup para pemimpin bangsa, orang besar didunia, sebagian dari kehidupan dilalui dengan penderitaan dan penuh perjuangan contohnya bung karno untuk meraih kemerdekaan ia harus berjuang membela tanah air tercinta.

PENDERITAAN, MEDIA MASA, DAN SENIMAN
Dalam dunia yang modern sekarang ini kemungkinan terjadi penderitaan itu sangat besar hal ini telah dibuktikan dengan kemajuan teknologi dan sebagainya menyejahterakan manusia dan sebagian lainnya membuat manusia menderita misalnya penciptaan bom atom reactor nuklir, pabrik senjata, dan peluru kendali merupakan sumberpeluang terjadinya penderitaan manusia. Berita mengenai penderitaan manusia silih berganti mengisi lembaran Koran, layar tv, pesawat radio dengan maksud supaya semua orang yang menyaksikan ikut merasakan dari jauh penderitaan manusia dengan demikian dapat menggugah hati manusia untuk berbuat sesuatu nyatanya tidak sedikit bantuan dari orang dermawan dan sukarela berupa materi atu tenaga untuk membantunya. Media masa merupakan alat yang tepat untuk mengkomunikasikan peristiwa-peristiwa penderitaan manusia secara cepat kepada masyarakat. Tidak kalah pentingnya komunikasi yang dilakukan oleh seniman melaui karya seni sehingga para pembaca, penontonnya dapat menghayati penderitaan sekaligus keindahan karya seni.

PENDERITAAN DAN SEBAB-SEBABNYA
• Penderitaan yang timbul akibat perbuatan buruk manusia dapat terjadi dalam hubungan sesama manusia misalnya seorang pembantu yang diperkosa, disekap, dandisiksa oleh majikannya dan lain-lain. hubungan manusia dengan alam sekitarnya misalnya musibah banjir dan tanah longsor bermula dari penghunian liar dihutan lindungkemudian di babat tandus atau gundul oleh manusia penghuni liat itu sehingga dapat menyebabkan banjir. Penderitaan ini sering disebut dengan nasib buruk. Nasib buruk ini dapat di diperbaiki manusia agar jadi baik dengan kata lain manusia yang memperbaiki nasibnya
• Penderitaan yang timbul karena penyakit siksaan atau azab tuhan dengan sabar, optimisme dan tawakal merupakan usaha manusia untuk mengatasi penderitaan itu misalnya seorang laki-laki yang buta huruf sejak dilahirkan, ia disekolahkan kecerdasannya luar biasa walaupun ia tidak isa melihat tetapi dengan kecerdasannya ia memperoleh pendidikannya sampai universitas

Judul buku : ilmu budaya dasar
Karangan widyo nugroho dan achmad muchji
Penerbit : universitas gunadarma

MANUSIA DAN KEINDAHAN

MANUSIA DAN KEINDAHAN

KEINDAHAN
Kata keindahan berasal dari kata indah, yang artinya bagus, permai, cantik, elok, molek, dan sebagainnya yang indah dilihat dapat dikatakan keindahan. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, pemandangan alami, manusia, rumah, tatanan, perabot rumah tangga, suara, warna, dan sebagainnya bagi manusia keindahan memiliki arti yang sangat luas. Seluas keanekaragaman manusia yang disesuaikan pula dengan perkembangan teknologi, social dan budaya karenanya keindahan merupakan sebagian hidup dari manusia yang tidak dapat dipisahkan dengan yang lain, dimanapun, kapanpun, dan siapa saja berhak dan dapat menikmati keindahannya. Keindahan bersifat universal yang artinya tidak terikat oleh selera perseorangan, waktu, tempat, selera made, kedaerahan, ataupun lokal. Jadi kesimpulannya keindahan itu tersusun dari berbagai keselarasan, kebaikan dari garis, warna, bentuk, nada, dan kata-kata.

MEMBEDAKAN KEINDAHAN SEBAGAI KUALITAS ABSTRAK DAN BENDA
Keindahan itu suatu konsep abstrak yang tidak dapat dinikmati karena tidak jelas, keindahan itu baru jelas jika telah dihubungkan oleh sesuatu yang berwujud atau suatu karya. Dengan kata lain keindahan itu baru dapat dinikmati jika dihubungkan oleh suatu bentuk. Dengan adanya bentuk itu keindahan dapat berkomunikasi. Jadi sulit sekali bagi kita jika berbicara mengenai keindahan, tetapi jelas bagi kita jika berbicara mengenai sesuatu yang indah. Dasarnya keindahan adalah sebuah konsep misalnya lukisan, pemandangan alam, tubuh yang molek, film, dan nyanyian menurut cakapannya orang harus membedakan antara keindahan sebagai kualitas abstrak dan sebagai sebuah benda tentu yang indah. Dalam perbedaan ini bahasa inggris sering digunakan istilah beauty, dan the beautiful karena pengertian ini terkadang suka dicampuradukkan.

MENYEBUTKAN KEINDAHAN YANG SELUAS-LUASNYA
• Keindahan seni
• Keindahan alam
• Keindahan moral
• Keindahan intelektual


NILAI ESTETIK
Nilai estetik adalah nilai yang dilihat semata-mata hanya keindahannya saja atau nilai yang berhubungan dengan segala sesuatu yang tercangkup dalam pengertian keindahan

NILAI EKSTRINSIK DAN NILAI INSTRINSIK
Nilai ekstrinsik adal;ah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk sesuatu hal lainnya yakni yang bersifat sebagai alat atau membantu, sedangkan nilai instrinsik adalah sifat baik dari suatu benda yang bersangkutan atau sebagai tujuan ataupun demi kepentingan benda itu sendiri
Contohnya: pada puisi, bentuk puisi yang terdiri dari bahasa, diksi, baris, sajak, irama itu disebut nilai ekstrinsik sedangkan pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca melalui puisi itu disebut nilai instrinsik.

KONTEMPLASI DAN EKSTANSI
Keindahan dapat dinikmati dari selera seni maupun biasa, keindahan yang didasarkan pada selera seni didukung oleh faktor kontemplasi dan ekstansi. Apabila kontemplasi dan ekstansi itu dihubungkan dengan kreatifitas maka kontemplasi merupakan faktor pendorong untuk menciptakan keindahan sedangkan ekstansi itu merupakan faktor pendukung untuk merasakan, menikmati, keindahan. Karena kontemplasi dan ekstansi berbeda-beda mungkin orang yang satu mengatakan karya seni itu indah tetapi orang lain mengatakan karya seni itu tidak atau kurang indah karena selera seni berlainan. Bagi seseorang yang bukan seniman mungkin faktor ekstansi lebih menonjol jadi ia lebih suka menikmati karya seni dari pada menciptakan karya seni dengan kata lain ia hanya mampu menikmati keindahannya saja tetapi tidak mampu menciptakan keindahan

RENUNGAN
MENYEBUTKAN TEORI-TEORI DALAM RENUNGAN
• Teori pengungkapan
• Teori metafisik
• Teori psikologis


KESERASIAN
MENYEBUTKAN TEORI-TEORI KESERASIAN
• Teori obyektif dan subyektif
• Teori perimbangan

Judul buku : ilmu budaya dasar
Karangan widyo nugroho dan achmad muchji
Penerbit : universitas gunadarma

MANUSIA DAN CINTA KASIH

MANUSIA DAN CINTA KASIH

PENGERTIAN CINTA KASIH
Menurut kamus bahasa Indonesia karya w.j.s. poerwadarminta cinta adalah rasa sangat suka, sayang, kasih atau sangat tertarik hatinya, sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang, cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hamper bersamaan sehingga rasa kasih memperkuat rasa cinta, karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan walaupun cinta kasih mempunyai arti yang hampir sama tetapi tetap terdapat perbedaan diantara keduanya, cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa sedangkan kasih lebih keluarnya. Kasih berasal dari cinta yang mendalam dan dapat diwujudkan secara nyata.

TIGA UNSUR TENTANG CINTA
Menurut Dr. Sarlito W. Sarwono cinta memiliki tiga unsure yaitu:
• Keterkaitan
• Keintiman
• Kemesraan

TIGA UNSUR DALAM SEGITIGA CINTA
Menurut Dr. Sarlito W. Sarwono tidak semua unsur itu sama kuatnya, ada yang keterkaitannya sangat kuat, tetapi keintiman kemesraannya kurang cinta ini mengandung kesetiaan yang amat kuat. Cinta yang kemesraannya menonjol tetapi unsur keintiman dan kemesraannya kurang dinamakan cinta yang pincang karena garis unsure cintanya tidak berbentuk segitiga sama sisi. Apabila salah satu unsur itu tidak ada sehingga tidak berbentuk segitiga maka cinta itu tidak sempurna dan dapat dikatakan bukan cinta

TIGA TINGKATAN CINTA
• Cinta tingkat tinggi adalah : cinta kepada allah, rasulullah, dan berjihad dijalan allah
• Cinta tingkat menengah adal;ah : cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri atau suami, dan kerabat
• Cinta tingkat terendah adalah : cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta, dan tempat tinggal


CINTA MENURUT AJARAN AGAMA
cinta diri, cinta kepada sesama, cinta seksual, cinta kebapakkan, cinta kepada allah, dan cinta kepada rasulullah.
AYAT-AYAT AL-QUR’AN TENTANG CINTA
(Qs, Al-Adiyat 100:8), ( Qs, Fush 41;49), (Ar-Rum, 30:21), (Qs, Maryam 19: 4-6), (Qs, Yusuf, 12:84), (Qs, Hud 11:45), dan (Qs, Ali imran 3-31).

KASIH SAYANG
Pengertian kasih sayang menurut kamus bahasa Indonesia karya w.j.s poerwardaminta adalah perasaan sayang, cinta, atau perasaan cinta kepada seseorang. Dalam kehidupan berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan karena sayang merupakan pertumbuhan dari cinta. Dalam kasih sayang sadar atau tidak sadar dari masing-masing pihak dituntut adanya tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, dan saling terbuka. Apabila ada salah satu unsur kasih sayang yang hilang misalnya unsur tanggung jawab maka retaklah keutuhan rumah tangganya itu dan kasih sayang yang tidak disertai dengan kejujuran maka akan terancamlah kejujuran rumah tangganya. Yang dapat merasakan kasih sayang bukan hanya suami, istri, dan anak-anak yang telah dewasa saja tetapi melainkan bayi yang masih merah pun dapat merasakan kasih sayang yang diberikan karena kasih sayang merupakan dasar komunikasi dalam satu keluarga dalam menjalani kehidupannya kelak

MACAM-MACAM CINTA KASIH DARI ORANG TUA
Dalam cinta kasih orang tua dapat memberikan cintanya kepada seorang anaknya dengan cara memberikan perhatian, menasehatinya, menjaga, merawat, menggendong atau menyusui disaat masih kecil, mendidik, dan memarahi anaknya jika anak tersebut melakukan kesalahan yang dapt merugikan dirinya sendiri maupun orang lain semu itu dilakukan oleh orang tua karena semata-mata orang tua sangat sayang kepada anaknya dan ia tidak mau anaknya terjerumus kedalam lubang dosa.

KEMESRAAN
Kemesraan berasal dari kata dasar mesra yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah adanya suatu hubungan yang akrab baik diantara pria maupun wanita yang sedang dimabuk asmara serta yang sudah berumah tangga dan kemesraan pada dasarnya merupakan bentuk perwujudan dari kasih sayang yang mendalam.

PUISI TENTANG KEMESRAAN
Rendra dalam puisinya “EPISODE” misalnya melukiskan betapa kemesraan cinta merasuk kedalam jiwa dan sejoli dari muda-mudi yang sedang menjalin cinta

Kami duduk berdua
Dibangku halaman rumahnya
Pohon jambu dihalaman itu

Berbuah dengan lebatnya
Dan kami senang memandangnya
Angin yang lewat
Memainkan angin yang berguguran
Tiba-tiba ia bertanya
“ mengapa sebuah kancing bajumu lepas terbuka?”
Aku hanya tertawa
Lalu ia sematkan dengan mesra
Sebuah peniti menutup bajuku
Sementara itu
Aku bersihkan
Guguran bunga jambu
Yang mengotori rambutnya

Kemesraan cinta tidak saja terpaku dalam lubuk hati masing-masing tetapi juga memancar dari sinar mata keduanya yang bening dan balaian-belaian mesra dari jari jemari tangan mereka yang bergetar, yang terlihat dan tidak bias dipungkiri, karena tiap manusia pasti pernah merasakan bercinta hanya saja yang membedakan tidak setiap manusia dapat melahirkan rasa dalam bentuk seni.

PEMUJAAN
Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada tuhannya yang dapat diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Kecintaan manusia kepada tuhannya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia hal ini disebabkan pemujaan kepada tuhan adalah inti nilai dan makna kehidupan yang sebenarnya. Dalam kehidupan manusia terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam melakukan pemujaan yang disesuaikan denagan agama, kepercayaan, kondisi dan situasi, sholat dirumah, masjid, sembahyang dipura, candi, gereka bahkan tempat-tempat yang di anggap suci dan keramat merupakan perwujudan dari pemujaan kepada tuhan atau yang dianggap sebagai tuhan. Pemujaan itu dilakukan semata-mata karena manusia ingin berkomunikasi dengan tuhannya, manusia ingin mohon ampun atas segala dosanya, mohon perlindungan, mohon dilimpahkan kebijaksanaan agar ditunjukkan jalan yang benar, mohon di tambahkan segala kekurangan yang ada padanya dan semua yang terbaik bagi dirinya, keluarga, kerabat, ataupun orang lain.

BELAS KASIHAN
Dalam cinta sesama ini dipergunakan istilah belas kasihan karena cinta disini bukan karena adanya cakapnya, kayanya, cantiknya, pandainya dan sebagainya tetapi melainkan karena penderitaannya. Penderitaan ini mempunyai arti yang sangat luas mungkin karena masalah tua, sakit-sakitan, yatim, yatim piatu, penyakit yang dideritanya, dan lain-lain yang dapat membuat hati seseorang yang melihat ataupun yang mendengar tersentuh hatinya dan ingin membantunya, jadi kata kasihan berarti bersimpati kepada nasib atau keadaan yang diderita orang lain. Jadi pengertiannya kita menaruh perhatian (simpati) terhadap penderitaan orang lain lalu kita menunjukkan jalan keluar kepadanya dengan rasa peduli.

CARA-CARA MENUMPAHKAN BELAS KASIHAN
Dalam kehidupan banyak sekali yang harus kita kasihani dan banyak cara untuk menumpahkan belas kasihan, yang perlu kita kasihani adalah anak yatim piatu, orang jompo yang tidak mempunyai ahli waris, pengemis yang benar-benar tidak mampu bekerja, orang sakit dirumah sakit, orang caca, masyarakat kita yang hidup menderita, dan sebagainya orang-orang yang perlu kita tolong. Orang-orang itu umumnya menderita lahir dan batin dan pada dasarnya sedikit sekali tangan yang menaruh belas kasihan. Berbagai macam cara memberikan belas kasihan kepada orang lain bergantung kepada situasi dan kondisi tertentu ada yang memberikan uang, barang, pakaian, makanan, dan sebagainya.

CINTA KASIH EROTIS
Cinta kasih erotis adalah keharusan dalam penyatuan yang sempurna akan penyatuan dengan yang lainnya dalam cinta kasih erotis terdapat eksklusivitas yang tidak terdapat pada cinta kasih persaudaraan dan cinta kasih keibuan. Cirri-ciri eksklusif dalam cinta kasih erotis ini perlu dibicarakan lebih lanjut lagi karena kerap kali eksklusivitas dalam cinta kasih erotis dapat disalah artikan sebagai salah satu ikatan hak milik. Cinta kasih eksklusif itu hanya dapat diartikan bahwa seseorang dapat menyatukan dirinya secara lengkap dan intensif dengan satu orang lain saja. Jadi kesimpulannya cinta kasih erotis ini dapat dikatakan apabila ia benar-benar cinta kasih yang mempunyai satu pendirian yakni bahwa seseorang sungguh-sungguh mencintai san mengasihi dengan jiwanya yang sedalam-dalamnya dan menerima pribadi orang lain pria maupun wanita.

Judul buku : ilmu budaya dasar
Karangan widyo nugroho dan achmad muchji
Penerbit : universitas gunadarma